Setting Modem Huawei E173 Mobinil Dengan Kartu Xl

Kemarin saya barusan membeli modem baru dengan merk Huawei E173 Mobinil dengan harga Rp.265.000. Untuk fitur dan sistem requirements modem ini sebagai berikut:
Huawei E173 Mobinil
  • HSPA/HSDPA/UMTS
  • EDGE/GPRS/GSM 850/900/1900 Mhz
  • Equalizer
  • Micro SD Card Slot
  • Data and SMS service
  • Plug and play
  • Windows 2000 SP,Windows XP SP2/SP3, Windows Vista SP1/SP2, Windows 7
  •  Mac OS X 10,4, 10,5 and 10,6 with latest upgrades
  • Display resolution: 800x600 or above
  • Standar USB interface.

Tidak sabar dengan modem baru tersebut dan langsung ingin mencobanya, maka saya manfaatkan kartu XL yang biasa saya pake untuk handphoneku. Sebelum mengakses internet dengan kartu XL ini, tentu saja terlebih dahulu harus saya daftarkan berdasarkan paket yang ditawarkan oleh XL. Kali ini saya mengambil paket 49 ribu unlimited selama 1 bulan. Untuk mendaftarnya hanya ketik *123*400#. Selanjutnya akan ada pilihan.


Sesuai dengan fiturnya plug and play, Software untuk modem ini autorun/autodetect. Secara default tanpa merubah settingan apapun dimodem ini, saya mencoba langsung mengklik tombol konek agar bisa mengakses internet. Ternyata jelas tidak bisa dan perlu ada settingan yang harus dilakukan (lihat gambar diatas). Untuk mensettingnya agar connect, sebagai berikut (lihat gambar dibawah ini).
Klik tab Tools > Options> Profile Management. Lalu klik New disebelah kanan, lalu isi kotak yang tersedia  seperti berikut:
  • Profile Name: XL Broadband
  • APN: Static dan ketik kotak dibawahnya :xlunlimitied
  • Access number: *99#
  • User name dan password kosongkan
  • Klik save disebelah kanan.
Untuk mengkonekan klik tab Connection, pada profile name pilih XL Broadband dan klik Connect. Sebelumnya cek terlebih dahulu sinyal pada modem harus ada. Untuk melihatnya yaitubpada bagian pojok kiri bawah. Jika berhasil tampak seperti gambar dibawah ini. Oh ya, saya mencoba modem ini pada OS Windows Home.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Setting Modem Huawei E173 Mobinil Dengan Kartu Xl"

joujimbo said...

nice post... but
kalo cara seting pake kartu simpati gimana???
trims sebelumnya...

tlong di kirim ke email aq yach.... trimss..

jouji.mboeik@gmail.com

bisnis online pemula said...

tetep ga bisa. apa harus daftar paket dulu?

Unknown said...

kalau pakai kartu as bagaimana setingannya???


balas ke
fazlijunior@gmail.com

Babeh Tasyana said...

jouji.mboeik: untuk kartu simpati silahkan baca disini: http://myucomputer.blogspot.com/2011/12/setting-modem-huawei-e173-mobinil.html

Fazli: yang as saya belum pernah nyoba

Bisnis online pemula: yup, harus daftar paket dulu